Analisis Pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa STIMI Banjarmasin
Abstract
Abstract – This study aims to empirically test and analyze the effect of Marketing Mix and College Image on Student Satisfaction at the Indonesian College of Management Sciences (STIMI) Banjarmasin. Research Methods, in accordance with the research objectives that have been formulated, this research uses an explanation pattern (level of explanation), namely research that intends to explain the position of the factors studied and the relationship between one factor and another. Thus, this study explains the effect of Marketing Mix and College Image on Student Satisfaction at the Indonesian College of Management Sciences (STIMI) Banjarmasin. The research sample is 148 respondents with the sampling technique using the Slovin formula and analyzed by Multiple Regression Analysis using the SPSS 25.0 for Windows program analysis tool. The results of the research are the independent variable (independent varable) Student Satisfaction (Y) While the dependent variable is the Marketing Mix as a variable (X1) with the indicators in this study: Product, Price, Place, Promotion, People, Physical, and Process. Image of Higher Education as a variable (X2) with indicators of Reputation, Tradition, and Higher Education Identity. Based on the results of the study, it partially had a significant effect on Student Satisfaction (Y) and the College Image variable (X2) partially had a significant effect on Student Satisfaction (Y) at the Indonesian College of Management Science (STIMI) Banjarmasin. Simultaneously Marketing Mix (X1) and College Image (X2) together have a significant effect on Student Satisfaction (Y) at the Indonesian College of Management Science (STIMI) Banjarmasin
Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris dan menganalisis pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin. Metode Penelitian, sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan, maka penelitian ini menggunakan pola eksplanasi (level of explanation) yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan faktor-faktor yang diteliti serta hubungan antara satu faktor dengan faktor yang lain. Dengan demikian penelitian ini menjelaskan pengaruh Marketing Mix dan Citra Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin. Sampel penelitian yaitu 148 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan dianalsis dengan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan alat bantu analisis program SPSS 25.0 for Windows. Hasil Penelitian variabel Variabel Bebas (independet varable) Kepuasan Mahasiswa (Y) Sedangkan variabel dependen adalah Marketing Mix sebagai variabel (X1) dengan indikator dalam penelitian ini adalah : Product, Price, Place, Promotion, People, Physical, dan Process. Citra Perguruan Tinggi sebagai variabel (X2) dengan indikator Reputasi, Tradisi, dan Identitas Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) dan variabel Citra Perguruan Tinggi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin. Secara simultan Marketing Mix (X1) dan Citra Perguruan Tinggi (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin.
Downloads
References
Alma, Buchari dan R. Hurriyati. 2005. Management Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran don Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Blithe, J. 2006. Principles and Practices of Marketing. London: Thomson Learning.
Djojodibroto, Darmanto.2004. Tradisi kehidupan Akadernik. Gal an g Press: Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gultom, Dedek K. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 01 April 2014
Husain, Umar. 2005. Manajemen Riset dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pusat: Jakarta
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kandampully, J.A. 2007. Service Management: The New Paradigm in Hospitally. India: Pearson Education, Inc.
Kasali, Rhenald. 2003. Management Public Relation & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Grafiti.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey. Prentice - Hall Marketing.
Kotler, Philip 2009. Marketing Management: Analysis, Planning, implementation and control, New Jersey, Prentice- International.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2002. Principles of Marketing. Eleven Edition. New Jersey: Prentice- International.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lukitasari, Lenni (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Bandung. Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1 – 68
Lupiyoadi, Rambat, dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Payne, Adrian. 2014. Pemasaran Jasa; The Essence of Service Marketing. Yogyakarta: Andi.
Ratih, Hurriyati. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Soedijati, Elisabeth Koes 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa pada Tiga PTS terkemuka Di Kota Bandung. Jurnal Bina Ekonomi Majalah llmiah Fakultas Ekonomi Unpar Volume 15, Nomor 2, Agustus 2011
Soemirat, Soleh. Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabet
Swastha, Basu clan Irawan. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Manajemen Jasa. Jogjakarta: Andi.
. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.
.2002. S'trategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Zeithaml, V. A. and Bitner, M. J. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. McGraw-Hil
Wijaya, David. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat