Hubungan Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Merek X
Abstract
Abstract– The purpose of the study was to find out the connectedness between celebrity endorsers and the purchasing behaviour of booming beauty products advertised by celebrity with initial FA. The technique of sampling or determination in this study is to use accidental sampling. In this study, data analysis techniques using Pearson Product Moment which aims to find correlation or relationship between celebrity endoser and X product purchasing behavior. This study will use SPSS for windows version 25.0 help to perform correlational calculations. The results of this study showed the significance of both variables namely celebrity endorser with purchasing behavior is 0.000 and less than 0.005 (Sig. < 0.005), pearson correlation value indicates a value of 0.744. This indicates that the relationship of the two variables in this study is significantly related and categorized as strong. The contribution of celebrity endorser factor (variable x) to purchasing behavior (variable y) was 59.9%.
Abstrak– Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterhubungan antara celebrity endorser dengan perilaku pembelian dari produk kecantikan yang sedang booming yang diiklankan oleh selebgram FA. Teknik pengambilan atau penentuan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan accidental sampling. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment yang memiliki tujuan untuk mencari korelasional atau adanya hubungan antara celebrity endoser dengan perilaku pembelian produk X. Penelitian ini akan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 25.0 untuk melakukan perhitungan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi kedua variabel yaitu celebrity endorser dengan perilaku pembelian adalah 0,000 dan kurang dari 0,005 (Sig. < 0,005), nilai pearson correlation menunjukkan nilai 0,744. Hal ini menandakan bahwa hubungan kedua variabel pada penelitian ini berhubungan secara signifikan dan dikategorikan kuat. Kontribusi faktor celebrity endorser (variabel x) terhadap perilaku pembelian (variabel y) adalah sebesar 59,9%.
Downloads
References
P. Kotler and K. . Keller, Marketing Management, 15th edition. Pearson Education, 2016.
HootSuite, “The essential headline data you need to understand the state of mobile, internet, and social media use,” 2020. .
HootSuite, “The essential headline data you need to understand the state of mobile, internet, and social media use,” 2019. .
T. . Nugroho, Sukses bisnis toko online trik melipatgandakan pasar untuk meraup untung yang lebih besar. Gramedia Pustaka Utama, 2010.
D. A. A. Mubarok, “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung),” J. Indones. Membangun, vol. 3, no. 1, pp. 61–76, 2016.
N. . Andrianto and E. Sutrasmawati, “Pengaruh celebrity dan brand image pada proses keputusan pembelian,” J. Manag. Anal., vol. 5, no. 2, pp. 104–109, 2016, doi: 10.15294/MAJ.V5I2.8055.
D. Sunyoto, Strategi pemasaran : konsep memenangkan persaingan bisnis dan menakar keberhasilan strategi menarik konsumen. CAPS, 2015.
S. Hasibuan and F. Amela, “Implementasi quantitative strategic planning matrix (QSPM) dalam merencanakan strategi pemasaran pada usaha minuman happy bubble drink di kota Binjai,” J. Bisnis Adm., vol. 8, no. 1, pp. 26–36, 2019.
D. Marlius, “Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang,” J. Pundi, vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2017, doi: https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9.
P. Kotler and K. . Keller, Marketing Management, 14th edition. Pearson Education, 2012.
B. Swasta and Irawan, Manajemen pemasaran modern. Liberty, 2006.
A. Tjahjono, P. H. Semuel, R. Karina, J. M. Pemasaran, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Analisa Marketing Mix , Lingkungan Sosial , Psikologi Online Pakaian Wanita,” J. Manaj. Pemasar. Petra, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2013.
J. Blythe, Consumer behaviour. SAGE Publications Inc, 2013.
S. C. Putri, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 5, p. 594, 2016.
V. . Zeithaml and M. . Bitner, Service marketing interating customer focus across the firm. Prentice Hall, 2006.
E. Jaelani, “Pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian online pada konsumen produk x di Bandung,” J. Sains Manaj. Akunt., vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2018.
J. P. Shim, Y. B. Shin, and L. Nottingham, “Retailer web site influence on customer shop-ping: An exploratory study on key factors of customer satisfaction,” J. Assoc. Inf. Syst., vol. 3, pp. 53–76, 2002.
A. T. Shimp, Periklanan promosi. Erlangga, 2002.
D. Pradhan, I. Duraipandian, and D. Sethi, “Celebrity endorsement : how celebrity – brand – user personality congruence affects brand attitude and purchase intention,” J. Mark. Commun., vol. 22, no. 5, pp. 456–473, 2014, doi: https://doi.org/10.1080/13527266.2014.914561.
Q. Zafar and M. Rafique, “Impact of celebrity advertisement on customers’ brand perception and purchase intention,” Asian J. Bus. Manag. Sci., vol. 1, no. 11, pp. 53–67, 2012.
A. Khan and S. Lodhi, “Influence of celebrity endorsement on consumer purchase decision : a case of Karachi,” J. Interdiscip. Reseach, vol. 2, no. 1, pp. 102–111, 2016, doi: 10.1186/1687-1847-2012-104.
K. Sukma, I. Nurcahya, and A. Suryani, “Pengaruh Celebrity endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Menâs Biore,” None, vol. 5, no. 7, p. 248538, 2016.
N. Fleck, M. Korchia, and I. Le Roy, “Celebrities in advertising: looking for congruence or likability?,” Psychol. Mark., vol. 29, no. 9, pp. 651–662, 2012, doi: https://doi.org/10.1002/mar.20551.
S. Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta, 2006.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan r&d. Alfa Beta, 2018.
Sugiyono, Statistika untuk penelitian. 2017, 2017.
R. Sanditya, “Hubungan celebrity endorser dengan keputusan pembelian produk pakaian pada konsumen secara online di media sosial instagram,” vol. 7, no. 1, pp. 100–104, 2019.
M. Tjondrokoesoemo, “Celebrity endorser terhadap keputusan pembelian,” vol. 2, 2017.