Implementasi Model SCORPIO Sebagai Strategi Pemasaran Pelaku Usaha Mikro & Kecil Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Abstrak– The current COVID-19 pandemic has had a major economic impact on the Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM) sector. This is because, in terms of the economy in general, Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM) occupy a very strategic position. One way to get a sustainable competitive advantage in a service or goods production business is to have a good marketing strategy. This study aims to examine how the implementation of the SCORPIO Model in the Marketing Strategy of Small Business Actors during the COVID-19 Pandemic. This study also aims to convey or describe marketing strategies for Small Business Actors by utilizing the SCORPIO Model. This study uses a descriptive qualitative method that will use some literature such as books, articles, or homepages as secondary data sources. The COVID-19 pandemic has had a major impact on the MSME economy in Indonesia. With the implementation of this Scorpio model on the marketing strategy of small business actors or UMKM, it can help maintain business during this pandemic with 7 components in the SCORPIO model.
Abstrak- Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak ekonomi yang besar kepada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal tersebut dikarenakan dalam hal perekonomian secara umum, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menempati posisi yang sangat strategis. Salah satu cara untuk mendapatkan keunggulan persaingan yang berkelanjutan dalam sebuah usaha produksi jasa atau barang ialah dengan memiliki strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana Implementasi Model SCORPIO Pada Strategi Pemasaran Pelaku Usaha Kecil Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyampaikan atau menggambarkan strategi pemasaran bagi Pelaku Usaha Kecil dengan memanfaatkan Model SCORPIO. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang akan menggunakan beberapa literature seperti buku, artikel, ataupun homepage sebagai sumber data sekunder. Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar pada perekonomian UMKM di Indonesia. Dengan implementasi model scorpio ini terhadapa strategi pemasaran pelaku usaha kecil atau UMKM bisa membantu mempertahankan usaha di masa pandemic ini dengan 7 komponen yang ada di model Scorpio.
Downloads
References
Wordometer, 2020. Covid-19 Coronavirus Pandemic, https://www.worldometers.info/ coronavirus/
Sugiri, D. 2020. Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, Vol. 19, No. 1, pp. 76–86, https://doi.org/10.32639/fokusbisnis. v19i1.575
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), Vol. 4, No. 2, pp. 1–189, https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Sutrisno, N., & Haryani, A. D. 2017. Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, Vol. 6, No. 1, pp. 85, https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 29, No. 1, pp. 59–66
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. 2019. Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, Vol. 13, No. 1, pp. 123, https://doi.org/10.19184/ jpe.v13i1.10432
UU No. 20 Tahun 2008, Usaha Mikro,Kecil & Menengah
LPPI. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia (BI)
Manullang, M dan Hutabarat, E. 2016. Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta : Indomedia Pustaka
Kotler, P dan Amstrong, G. 2016. Principles of Marketing, 15th Pearson Education Limited
David, Fred R. 2006. Manajemen Strategis : Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat
Paul Fifield. 2017. Marketing Strategy : The Difference Between Marketing and Markets (Third Ed). Amsterdam; Boston : Elsevier/Butterworth-Heinemann
Arianto, Bambang. 2020. Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, No.2, pp. 233-247
Anggia, M. N., & Shihab, M. R. 2018. Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm.Jurnal Terapan Teknologi Informasi, Vol. 2, No. 2, 159-170.
Idah, Y. M., & Pinilih, M. 2019. Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, Jurnal LPPM Unsoed. Vol. 9, No. 1
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. 2019. Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) Pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering. Vol. 3, No. 2. pp. 79-84
Bakhri, S., & Futiah, V. 2020. Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial : Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences. Vol. 2, No. 2, pp. 59-70
Sumarni, T., Melinda, L. D. 2020. Media Sosial dan E-Commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS : Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6, No. 2, pp. 163-171
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Vol. 3, No. 1, pp. 206–217, https://doi.org/10.47233/ jiteksis.v3i1.212
Anugrah, R. J. 2020. Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh UMKM Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), Vol. 3, No. 2, pp. 55–65, https://doi.org/10.15642/ manova.v3i2.302