Penerapan Strategi Pemasaran Relasional terhadap Pembentukan Nilai Jasa Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji Strategi Pemasaran Relasional dan Nilai Jasa, serta Pengaruh Startegi Pemasaran Relasional terhadap Nilai Jasa pada Sekolah Tinggi Swasta di Priangan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey penjelasan (Explanatory Survey Method), data dianalisa dengan menggunakan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) untuk menjelaskan mengenai hubungan dan pengaruh antar variable manifest maupun analisis konfirmatory. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh temuan sebagai berikut, Strategi Pemasaran relasional ada pada kategori “Baik s.d. Sangat Baik”, Nilai Jasa ada pada kategori “Cukup Baik s.d. Baik”. Strategi Pemasaran Relasional berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Jasa pada Sekolah Tinggi Swasta di Priangan Timur.