Analisis Strategi Penetrasi dan Pengembangan Pasar dalam UMKM

Studi Kasus Bisnis M’healthy Yoghurt

  • Yasmin Indah Azzahra Universitas Padjadjaran
  • Muhamad Azaria Akhbar Universitas Padjadjaran
  • Annisa Meida Riadina Universitas Padjadjaran
  • Fauzan Naufal Nurjani Universitas Padjadjaran
  • Geofani Muhamad Lazuardi Universitas Padjadjaran
Abstract viewed: 1201 times

Download PDF downloaded: 1201 times
Keywords: Marketing Strategy, Market Penetration, Market Development

Abstract

Abstract- The ability to seize market share and add new markets will certainly affect the survival of MSMEs. This research was conducted to determine the marketing strategy to be used by the M’Healthy yogurt business. Determination of the subject in this study was done deliberately the subject to be examined. The subject in this study was the owner of M’Healthy yogurt and additional informants in this study were consumers of M’Healthy yogurt. Methodology used is descriptive qualitative research method by conducting observations and interviews. The data analysis used consists of several stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that M’Healthy can use market penetration strategy and market development strategy, Where market development strategy is carried out by conducting intensive and effective sales promotion activities. Meanwhile, market penetration strategy can be implemented by making promotions for purchasing MHealthy yoghurt products.

 

Abstrak- Kemampuan merebut pangsa pasar dan menambah pasar baru tentunya akan mempengaruhi kelangsungan hidup UMKM. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan oleh bisnis M’Healthy yoghurt. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan sengaja subjek yang akan di teliti. Subjek dalam penelitian ini adalah owner dari M’Healthy yoghurt dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah konsumen dari M’Healthy yoghurt. Metode yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data yang di gunakan terdiri dari beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cara yang dapat di gunakan oleh M’Healthy yaitu dengan strategy penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Dimana untuk strategi pengembangan pasar (market development strategy) dilakukan dengan melakukan kegiatan promosi penjualan yang intensif dan efektif. Sedangkan untuk strategi penetrasi pasar (market penetration strategy) dapat di laksanakan dengan membuat promosi pembelian produk MHealthy yoghurt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. A. Hamdani, S. Nugraha, and P. Purnamasari, “Conceptual Framework of Innovation Strategy in SMEs,” BIEJ Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 2, pp. 115–119, 2020.

R. Faozy, A. Ramdhani, and R. Nurhasan, “Analisis Faktor-Faktor yang Mendorong Kinerja UKM Pada Industri Wajit,” BIEJ Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 1, pp. 15–19, 2020, doi: https://doi.org/10.35899/biej.v2i1.75.

Depkop, “Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar,” Www.Depkop.Go.Id, vol. 2000, no. 1, p. 1, 2018.

A. B. Purwoko et al., BESINERGI MEMBANGUN OPTIMISME PEMULIHAN EKONOMI. BANK INDONESIA.

D. Saputra, “Survei BI : 87,5 Persen UMKM Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19.” [Online]. Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210319/9/1370022/survei-bi-875-persen-umkm-indonesia-terdampak-pandemi-covid-19.

X. Islami, N. Mustafa, and M. Topuzovska Latkovikj, “Linking Porter’s generic strategies to firm performance,” Futur. Bus. J., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2020, doi: 10.1186/s43093-020-0009-1.

G. O. Mita, I. Ochie’ng, and R. Mwebi, “INFLUENCE OF GENERIC STRATEGIES ON PERFORMANCE OF METAL WORKS SME BUSINESSES IN NAIVASHA TOWN,” Int. Acad. J. Hum. Resour. Bus. Adm.

K. Kotler, “Marketing Management (15th ed.).” Global Edition, 2016.

E. M. Loredana, THE USE OF ANSOFF MATRIX IN THE FIELD OF BUSINESS. ACADEMICA BRÂNCUŞI.

C. Harini and Y. Yulianeu, “Strategi penetrasi pasar {UMKM} Kota Semarang menghadapi era pasar global {MEA},” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 21, no. 2, pp. 361–381, Dec. 2018, doi: 10.24914/jeb.v21i2.1967.

Published
2021-12-20
How to Cite
[1]
Y. Azzahra, M. Akhbar, A. Riadina, F. Nurjani, and G. Lazuardi, “Analisis Strategi Penetrasi dan Pengembangan Pasar dalam UMKM”, BIEJ, vol. 3, no. 4, pp. 269-274, Dec. 2021.