Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Frozen Food Homemade

  • Agustin Endah Universitas Kristen Surakarta
  • Indah Handaruwati Universitas Kristen Surakarta
Abstract viewed: 1118 times

Download PDF downloaded: 1118 times
Keywords: Consumer Motivation, Product Knowledge, Purchase Decision, Trust

Abstract

Abstract -- The COVID-19 pandemic has had an impact on all areas of business. Some product demand decreased, but frozen food product demand actually experienced a significant increase. There are many factors that cause consumers to choose frozen food products as a consumption choice during a pandemic. This study aims to provide empirical evidence of the influence of factors of product knowledge, motivation and consumer confidence on purchasing decisions of Frozen Food products. The sample in this study was 100 people who were selected based on the purposive sampling method. The results of this study partially show that product knowledge has a significant effect on the purchase of frozen food products at home. Consumers know the product because they have bought it before and based on information from other parties, the consumer motivation variable influences the decision to purchase frozen food at home because it has practicality and ease of presentation motivation and the consumer trust variable has a significant effect even though this product is a home product but consumers believe it is clean and healthy. These three independent variables have a simultaneous effect on purchasing decisions for home frozen food products.

Abstrak -- Pandemi Covid 19 berdampak pada segala bidang usaha. Beberapa permintaan produk mengalami penurunan namun permintaan produk frozen food justru mengalami kenaikan yang signifikan. Banyak faktor yang menyebabkan konsumen memilih produk frozen food sebagai pilihan konsumsi di kala pandemi. Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris pengaruh faktor pengetahuan produk, motivasi dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk Frozen Food. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 orang yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap pembelian produk frozen food rumahan. Konsumen mengetahui produk karena sudah pernah membeli sebelumnya dan berdasarkan informasi dari pihak lain, variabel motivasi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk frozen food rumahan karena memiliki motivasi kepraktisan dan kemudahan penyajian dan variabel kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan meskipun produk ini merupakan produk rumahan namun konsumen percaya bersih dan sehat. Ketiga variabel bebas ini berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pembelian produk frozen food rumahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. C. PERDANA, M. R. AGUSTINO, D. HARTAWAN, Y. A. SUYOSO, and R. SARI, “Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 3, pp. 201–204, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i3.138.

I. Handaruwati, “Analisa Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Tindakan Pembelian Produk Secara Online,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 4, pp. 218–223, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i4.165.

A. ABDURRAHMAN and R. Anggriani, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 4, pp. 224–231, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i4.174.

E. D. Astutik, C. F. Silalahi, A. I. Azizah, E. Nur, and R. Gista, Syeren Al dan Alfarizi, “Strategi Bisnis ‘CEJEDW FROZEN FOOD’ Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Bisnis dan Kaji. Strateg. Manaj., vol. 5, no. 1, 2021.

S. Sen, N. Antara, and S. Sen, “Factors influencing consumers’ to Take Ready-made Frozen Food,” Curr. Psychol., vol. 40, no. 6, 2021, doi: 10.1007/s12144-019-00201-4.

A. mustika Fahmi, Pengaruh Pengetahuan Produk, Pemakaian Dan Pembelian Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank Bni Syariah. 2017.

J. Jefryansyah and M. Muhajirin, “Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online,” Target J. Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 85–94, 2020, doi: 10.30812/target.v2i1.703.

Z. Zefanya, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Manaj. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.24912/jmbk.v3i1.4923.

U. O. Ropal Tores, “PENGARUH KEPERCAYAAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM PADA MAHASISWA STIE RAHMANIYAH,” J. Manaj. Kompeten, vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.51877/mnjm.v2i2.119.

H. Teman Koesmono, “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 7, p. pp.171-188, 2005, doi: 10.9744/jmk.7.2.pp. 171-188.

S. K. Dewi, P. S. Siburian, and H. Indriastuti, “Pengaruh motivasi konsumen, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian,” J. Manaj., vol. 9, no. 2, p. 105, 2018, doi: 10.29264/jmmn.v9i2.2479.

I. Permana, “J . Co Donuts & Coffee ’ s Consumer Satisfaction,” BIEJ, vol. 2, no. 2, pp. 112–114, 2020, doi: https://doi.org/10.35899/biej.v2i2.92.

S. Amalia and M. O. Asmara, “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 6, no. 1, p. 666, 2017.

N. P. Mayasari and Y. Artanti, “Pengaruh Creative Tourist Experience, Travel Motivation dan Perceived Risk Terhadap Revisit Intention Pada Wisata Edukasi Secara Virtual,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 3, no. 3, pp. 186–194, 2021, doi: 10.35899/biej.v3i3.313.

S. M. AZ, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO (Studi pada pengguna Motor Honda Vario di Kecamatan Muara Bulian),” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 18, no. 1, p. 116, 2018, doi: 10.33087/jiubj.v18i1.439.

I. L. Lubis, B. M. Sinaga, and H. Sasongko, “Pengaruh Profitabilitas, Sruktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Apl. Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 3, pp. 458–465, 2017, doi: 10.17358/jabm.3.3.458.

R. Rosdiana, I. A. Haris, and K. R. Suwena, “PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PAKAIAN SECARA ONLINE,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 11, no. 1, p. 318, 2019, doi: 10.23887/jjpe.v11i1.20164.

S. C. Lotulung, J. Lapian, and S. Moniharapon, “Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Dan Wom ( Word of Mouth ) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado,” J. EMBA, vol. 3, no. 3, pp. 817–826, 2015.

P. Kotler, W. Pfoertsch, and U. Sponholz, “H2H Management: Putting Trust and Brand in Focus,” H2H Marketing. Springer International Publishing, pp. 111–155, 2020, doi: 10.1007/978-3-030-59531-9_4.

C. C. Gana, “PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada konsumen Rumah Makan Inggil di Kota Malang),” Manaj. Bisnis, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.22219/jmb.v7i1.6897.

N. Alam Hamdani and G. Abdul Fatah Maulani, “The influence of E-WOM on purchase intentions in local culinary business sector,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.29, p. 246, 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i2.29.13325.

S. F. Nurfauziah and N. A. Hamdani, “The Influence of Social Media Against Interest in Buying Kopilogi Products,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 3, no. 1, pp. 75–83, 2021, doi: 10.35899/biej.v3i1.107.

D. Kurniasih and E. Elizabeth, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Getok Tular terhadap Keputusan Pembelian Jasa,” Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.35912/rambis.v1i1.400.

A. A. Parhusip and N. I. Lubis, “PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE TOKOPEDIA),” Ekombis Sains J. Ekon. Keuang. dan Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 77–88, 2020, doi: 10.24967/ekombis.v5i2.748.

T. Karunanayake and C. Madubashini, “The Influence of User Generated Content on Purchase Intention of Automobiles in Sri Lanka,” Asian Social Science, vol. 15, no. 6. Canadian Center of Science and Education, p. 44, 2019, doi: 10.5539/ass.v15n6p44.

A. A. Alalwan, “Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention,” Int. J. Inf. Manage., vol. 42, no. June, pp. 65–77, 2018, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.001.

D. S. Mukarromah and C. Rofiah, “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.26533/jmd.v2i1.346.

A. Wahyulkarima, “Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi, dan Pengetahuan tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah,” J. Huk. Ekon. SYARIAH, vol. 1, no. 1, p. 51, 2018, doi: 10.30595/jhes.v1i1.3712.

Published
2022-02-28
How to Cite
[1]
A. Endah and I. Handaruwati, “Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Frozen Food Homemade”, BIEJ, vol. 4, no. 1, pp. 12-17, Feb. 2022.