Optimalisasi IGTV Sebagai Sarana Promosi Produk Bagi Perempuan Bekerja Korban Pemutusan Hubungan Kerja Pada Masa Pandemi Covid 19

  • Indah Handaruwati Universitas Kristen Surakarta
  • Adhita Maharani Dewi
Abstract viewed: 222 times

Download PDF downloaded: 222 times
Keywords: Instagram, IGTV, Product Promotion, Termination of Employment

Abstract

This research is entitled Optimizing IGTV as a Product Promotion Facility for Women Victims of Termination of Employment during the Covid 19 Pandemic. products with a wider range. There are things that are the focus of discussion, namely the development of social media Instagram and the features in it, the role of social media Instagram as a means of product promotion, motivation for online businesses of women affected by Covid 19, the benefits of entrepreneurship for women who are laid off to improve the economy in the current pandemic era, the optimization of IGTV as a product promotion strategy is the obstacle in optimizing IGTV. The method used in this research is descriptive qualitative, where data collection is carried out through the method of interviewing 15 mothers who initially worked but because of the pandemic they became victims of termination of employment in the Colomadu Karanganyar sub-district. In this study, it begins with analyzing respondents' perceptions by conducting deep interviews. The results showed that 2 of these 15 people have Instagram but have not used IGTV optimally, while the remaining 13 people have Instagram social media and have promoted their products using IGTV. The factor that motivates these mothers to use Instagram social media is the factor of family needs. Those who initially worked but because of the pandemic lost their jobs then decided to open businesses to cover their needs and help the family economy. Of these 15 people decided to sell food products through Instagram social media. The ease of features that Instagram has, namely IGTV, can easily be used as a promotional medium. The obstacles they face are the lack of training to create attractive online promotional content, they still have few followers or followers.

Penelitian ini berjudul Optimalisasi IGTV Sebagai Sarana Promosi Produk Bagi Perempuan Korban Pemutusan Hubungan Kerja Pada Masa Pandemi Covid 19. Tujuan dari penelitian adalah perempuan yang terdampak secara ekonomi di masa pandemi covid 19 ini dapat memanfaatkan fitur-fitur media sosial seperti Instagram TV atau IGTV dalam memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Ada hal yang menjadi fokus bahasan yaitu tentang perkembangan media sosial Instagram beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya, peranan media sosial Instagram sebagai sarana promosi produk, motivasi bisnis online para perempuan yang terdampak Covid 19, manfaat wirausaha bagi perempuan yang di PHK untuk meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi sekarang ini, optimalisasi IGTV sebagai strategi promosi produk , kendalanya dalam optimalisasi IGTV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data di lakukan melalui metode wawancara terhadap 15 orang ibu yang semula bekerja namun karena pandemi menjadi korban pemutusan hubungan kerja di lingkungan kecamatan Colomadu Karanganyar. Dalam penelitian ini dimulai dengan menganalisis persepsi responden dengan melakukan deep interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 orang tersebut sebanyak 2 orang memiliki Instagram namun belum memanfaatkan IGTV secara optimal sedangkan sisanya sebanyak 13 orang memiliki media sosial Instagram dan sudah mempromosikan produknya menggunakan IGTV. Faktor yang menjadi motivasi ibu-ibu ini dalam memanfaatkan media sosial instagram adalah faktor kebutuhan keluarga . Mereka yang semula bekerja namun karena pandemi menjadi kehilangan pekerjaan kemudian memutuskan untuk membuka usaha guna menutupi kebutuhan dan membantu ekonomi keluarga. Dari 15 orang ini memutuskan menjual produk makanan melalui media sosial instagram. Kemudahan fitur yang dimiliki instagram yaitu IGTV dapat dengan mudah digunakan sebagai media promosi. Kendala yang mereka hadapi adalah minimnya pelatihan membuat content promosi online yang menarik, masih sedikit followers atau pengikut yang mereka miliki.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
[1]
I. Handaruwati and A. Dewi, “Optimalisasi IGTV Sebagai Sarana Promosi Produk Bagi Perempuan Bekerja Korban Pemutusan Hubungan Kerja Pada Masa Pandemi Covid 19”, BIEJ, vol. 3, no. 02, pp. 98-104, May 2021.