Kecerdasan Emosional Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja dan (2) pengaruh kecerdasan emosional terhada kinerja karyawan baik secara langsung maupun melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan terhadap sample tanpa random, menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif dengan metode explanatory research serta teknik analisis data menggunakakn Analisis Jalur (Path). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional sangat tinggi, kepuasan kerja tinggi, kinerja karyawan tinggi. Selain itu, ditemukan pula jika kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kepuasan kerja, dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan