Corporate Entrepreneur Actions dan Keunggulan Kompetitif: Studi pada aplikasi mobile banking “Jawara Mobile” Bank Banten

  • Cendria Tj. Tasdik Universitas Padjadjaran
  • Ratih Purbasari Universitas Padjadjaran
  • Margo Purnomo Universitas Padjadjaran
Abstract viewed: 331 times

Download PDF downloaded: 331 times
Keywords: Corporate Entrepreneurship, Competitive Advantage, Jawara Mobile

Abstract

The development of digital banking in recent years has experienced very significant growth. To be able to compete competitively with competitors in the digital banking market, it is necessary to have a corporate entrepreneur role in the digital baking business at Bank Banten which gives birth to mobile champion products by prioritizing competitive advantage. Jawara Mobile is a mobile banking application owned by Bank Banten. Jawara Mobile is a mobile application that is integrated in smartphones based on Android and iOS operating systems. This study uses a qualitative approach to create descriptive information in the form of written words from the observed object. The results of the study show competitive advantages based on operational excellence, product leadership and customer intimacy from Jawara Mobile

 

Perkembangan digital banking dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Untuk dapat bersaing kompetitif dengan competitor dalam pasar digital banking, diperlukan peranan corporate entrepreneur dalam bisnis digital baking pada Bank Banten yang melahirkan produk jawara mobile dengan mengutamakan keuanggulan kompetitif. Jawara mobile adalah aplikasi mobile banking milik Bank Banten. Jawara mobile adalah aplikasi mobile yang terintegrasi di smartphone berbasis sistem operasi Android dan iOS.  Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif guna menciptakan informasi deskriptif berbentuk kata - kata tertulis dari objek yang diamati. Hasil dari penelitian menunjukkan keunggulan kompetitif berdasarkan keunggulan operasional, kepemimpinan produk dan keakraban dengan nasabah produk dari jawara mobile

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Abdurrachman, Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perbankan. Jakarta: PT Pradya Paramitya., 2014.

K. Yuliantari, “ANALISIS SWOT PADA PT BANK DINAR INDONESIA Tbk,” Semin. Nas. Inov. dan Tren, no. November 1991, pp. 1–7, 2015.

R. Indonesia, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN,” 1998, [Online]. Available: www.bphn.go.id.

H. B. Simatupang, U. Islam, and S. Utara, “PERANAN PERBANKAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN,” vol. 6, no. 2, pp. 136–146, 2019.

“STATISTIK PERBANKAN INDONESIA,” Otoritas Jasa Keuangan, 2020. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/default.aspx.

I. Permana and Lindayani, “Post-Usage E-Banking Behavior on BNI 46 Customer Loyalty in Kabupaten Garut,” Atl. Press, vol. 187, no. Gcbme 2020, pp. 417–422, 2021.

T. R. Vanacker, S. A. Zahra, and R. M. Holmes, “Corporate entrepreneurship, firm performance, and institutions: evidence from European firms,” Acad. Manag. Proc., no. Academy of Management Briarcliff Manor, NY, 2017.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

D. K. O. J. KEUANGAN, “SALINAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 /POJK.03/2021 TENTANG BANK UMUM,” 2021.

“LAYANAN DIGITAL BANKING,” Sikapi Uangmu. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/345.

A. Marlina and F. Humairah, “Peran Digital Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Kredit (Studi Kasus PT. Bank Tabungan Negara Syariah),” Monet. J. Keuang. dan Perbank., vol. 6, no. 2, pp. 37–44, 2018.

R. Thurik and S. Wennekers, “Entrepreneurship, small business and economic growth,” J. Small Bus. Enterp. Dev., 2004.

H. Al Farisi, M. Purnomo, and R. Purbasari, “PENDEKATAN BERORIENTASI ENTREPRENEURIAL UNTUK MENGAJAR CORPORATE ENTREPRENEURSHIP DI TINGKAT MAGISTER UNIVERSITAS PADJADJARAN Hasan,” J. Usaha, vol. 2, no. 2, pp. 15–25, 2021.

K. H. Vesper, “Three faces of corporate entrepreneurship: A pilot study,” University of Washington, 1984.

B. Antoncic and R. D. Hisrich, “Corporate entrepreneurship contingencies and organizational wealth creation,” J. Manag. Dev., 2004.

S. Wennekers and R. Thurik, “Linking entrepreneurship and economic growth,” Small Bus. Econ., vol. 131, no. 1, pp. 27–56, 1999.

N. P. D. E. Dewi and N. K. Seminari, “Pengaruh Strategi Diferensiasi terhadap Upaya Membangung Keunggulan Bersaing pada hotel Alila Ubud,” E-jurnal Manaj. Ubud, Univesitas Udayana Bali, vol. 6, no. 11, 2017.

Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” SNEMA-2015, 2015.

L. Spicaalmilia and L. Robahi, “Penerapan E-commerce Sebagai Upaya Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan.,” 2007, [Online]. Available: www. Spicaalmilia.files.wordpress.com.

Marina, “Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank,” J. Ilm. Inov., no. Maret, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.

L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Revisi. Bandung: Rosdakarya, 2014.

D. A. Kurniawan and M. Z. Abidin, “Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS,” Al Tijarah, vol. 5, no. 2, pp. 93–103, 2019.

A. Irawan and E. Ludiya, “PENGARUH STRATEGI OPERASI TERHADAP KEUNGGULAN OPERASIONAL UMKM KABUPATEN BANDUNG: STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN BANDUNG,” Ultim. Manag., vol. 11, no. 1, pp. 16–26, 2019, [Online]. Available: ISSN 2085-4587.

C. Ozumba, “Organizational performance improvement in an oil producing facility in Nigeria through operational excellence,” North-West University, South Africa, 2010.

M. R. Hopkin, “Product-leadership.” http:leadonpurposeblog.com (accessed Jan. 24, 2011).

M. Surkamta and E. Santosa, “THE POWER OF PRODUCT LEADERSHIP IN GENERATING CUSTOMERS ’ INTENTIONS TO BUY : THE CASE OF DAGADU,” J. Indones. Econ. Bus., vol. 30, no. 2, pp. 159 – 172, 2015.

D. KHADAFI, “ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI CABANG DEMAK,” UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG, 2008.

Yuswohadi, “Inovasi Dunia Industri,” 2008, [Online]. Available: www.vibinews.com.

Y. Antariksa, Startegi Dalam Bisnis. 2007.

Published
2022-08-31
How to Cite
[1]
C. Tasdik, R. Purbasari, and M. Purnomo, “Corporate Entrepreneur Actions dan Keunggulan Kompetitif: Studi pada aplikasi mobile banking ‘Jawara Mobile’ Bank Banten”, BIEJ, vol. 4, no. 2, pp. 148-154, Aug. 2022.