Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

  • Cendria Tj. Tasdik Universitas Padjadjaran
Abstract viewed: 472 times

Download PDF downloaded: 472 times
Keywords: SWOT Analysis, Corporate Strategy, Competitiveness, Bank Banten

Abstract

This study aims to determine how the SWOT analysis as a planning strategy and to find out the obstacles in PT. Regional Development Bank Banten, Tbk. The research method used is descriptive quantitative method. The SWOT analysis used is descriptive analysis method, SWOT matrix and SWOT diagram analysis. Data collection techniques in this study were interviews, questionnaires and literature. The results of this study are SWOT analysis as a strategy to increase competitiveness needs to be evaluated again, so that the formation of good performance from within and from outside PT. Regional Development Bank Banten, Tbk in advancing the bank throughout Banten Province.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT sebagai strategi perencanaan serta untuk mengetahui hambatannya pada PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis SWOT yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, Matrik SWOT dan analisis diagram SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing perlu dievaluasi lagi, agar terbentuknya kinerja yang baik dari dalam maupun dari luar PT. Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk dalam memajukan bank tersebut diseluruh Provinsi Banten.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. A. Hamdani, G. A. F. Maulani, and A. Supriyatna, “Contributing factors of good corporate governance and employee performance to bank performance,” J. Soc. Sci. Res., vol. 2018, no. Special Issue 4, 2018, doi: 10.32861/jssr.spi4.235.237.

R. C. PERDANA, M. R. AGUSTINO, D. HARTAWAN, Y. A. SUYOSO, and R. SARI, “Adaptasi dan Kebiasaan Baru Human Resource Department di Masa Pandemik Covid-19,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 3, pp. 201–204, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i3.138.

R. Indonesia, “Presiden republik indonesia,” 1962.

1993, “Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 673/KMK.017/1993,” Legal Centric. .

“Profil Perusahaan,” Bank Banten. .

O. J. Keuangan, “PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 12/POJK.03/2020 TENTANG KONSOLIDASI BANK UMUM,” 2020.

A. Nugraheni, “Pengaruh tingkat kesehatan bank dengan metode camel terhadap suku bunga kredit,” UNIVERSITAS SANATA DHARMA, 2009.

H. Kurniawan, “Modal Kuat, Bank Banten akan Geber Kinerja dan Transformasi Digital,” Investor.id, 2021. .

Z. Nisak, “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif”. Jurnal Ekonomi 4,” J. Ekon., vol. 4, 2013.

G. A. F. Maulani and N. A. Hamdani, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia ( Studi Kasus pada Institut Pendidikan Indonesia Garut ),” J. PETIK, vol. 4, no. September, pp. 162–166, 2018, doi: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i2.367.

A. Hamdani and G. A. Fatah, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Usaha Kecil dan Menengah,” vol. 4, no. September, pp. 167–172, 2018.

F. R. David, Manajemen Strategis, 10th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

K. Yuliantari, “ANALISIS SWOT PADA PT BANK DINAR INDONESIA Tbk,” Semin. Nas. Inov. dan Tren, no. November 1991, pp. 1–7, 2015.

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Jogiyanto, Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

D. N. Mashuri, “ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru),” JPS (Jurnal Perbank. Syariah), vol. 1, no. 1, pp. 97–112, 2020.

A. Ramadhan and F. R. Sofiyah, “Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi McDonald’s Ring Road),” Media Infromasi Manaj., vol. 1, no. 4, 2013.

G. A. F. Maulani and T. M. Sapril Mubarok, “Strategic Planning of Information Systems for Mosque in Indonesia,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i2.90.

A. Syafa’at and A. Wahid, “STRATEGI PEMASARAN PRODUK SEPATU MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DENGAN MATRIK IFAS DAN EFAS DI PT. BAGOES TJIPTA KARYA,” J. Knowl. Ind. Eng. Strateg., vol. 7, no. 3, pp. 108–117, 2020.

S. Machmud and I. Sidharta, “BUSINESS MODELS FOR SMES IN BANDUNG : SWOT ANALYSIS,” vol. 8, no. 1, pp. 51–61, 2014.

D. C. Alfred, Strategy and Structure: Chapter in The History of The Industrial Enterprise. Cambridge Mass: MIT Press, 1962.

T. Dyllick and K. Hockerts, “Beyond the Business Case for Corporate Sustainability,” Bus. Strateg. Environ. Bus. Strat. Env, vol. 11, no. 2, pp. 130–141, 2002, doi: 10.1002/bse.323.

H. Malini, “Transparancy and Accountability Contribution Toward Sustainability of Banking Sector in Indonesia,” Bus. Innov. Entrep. J., vol. 3, no. 4, pp. 275–282, 2021, doi: 10.35899/biej.v3i4.337.

D. Li and J. Liu, “Dynamic capabilities , environmental dynamism , and competitive advantage : Evidence from China,” J. Bus. Res., 2012, doi: 10.1016/j.jbusres.2012.08.007.

B. BĂCANU, “Competitive advantage: ‘The emperor has no clothes!’.,” Bull. Transilv. Univ. Brasov. Ser. V Econ. Sci., vol. 9, no. 1, pp. 99–106, 2016, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=121777868&site=ehost-live.

D. Mirzaeva Faziljanovna and G. Yongqian, “Effective Business Strategy for International Strategic Performance: An Empirical Study of Chinese Construction Firms,” International Journal of Management Science and Business Administration, vol. 2, no. 3. pp. 43–55, 2014, doi: 10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.23.1005 LK - https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.23.1005.

A. S. Wahyudi, Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara, 1996.

D. H. Wibowo, Z. Arifin, and Sunarti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo),” urnal Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 59–66, 2015.

S. Koentjoro and S. Gunawan, “Managing Knowledge, Dynamic Capabilities, Innovative Performance, and Creating Sustainable Competitive Advantage in Family Companies: A Case Study of a Family Company in Indonesia,” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, vol. 6, no. 3. p. 90, 2020, doi: 10.3390/joitmc6030090 LK - https://doi.org/10.3390/joitmc6030090.

J. Zoroja, “Impact of ICTs on Innovation Activities: Indication for selected European countries,” Naše Gospod. Econ., vol. 62, no. 3, p. str. 39-51, 2016, doi: 10.1515/ngoe-2016-0017.

A. M. Yusuf, Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.

S. Siregar, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. Jakarta: Kencana, 2013.

J. Noor, Metodelogi Penelitian, 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

D. A. Kurniawan and M. Z. Abidin, “Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS Dan EFAS,” Al Tijarah, vol. 5, no. 2, pp. 93–103, 2019.

Mashfufah and M. Munir, “UPAYA MENURUNKAN TINGKAT KECACATAN PRODUK PSST SLICE MUSHROOMS 4 OZ DENGAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) DI PT. ETR PURWODADI,” J. Knowl. Ind. Eng. UPAYA, vol. 6, no. 2, pp. 66–74, 2019.

Choirunnisak, “Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Tabungan,” Salatiga, 2012.

F. Firmansyah and K. Abdilah, “ANALISIS SWOT DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PADA PT. PANIN BANK SYARIAH, TBK. KANTOR CABANG MALANG,” J. Ekon. Mod., vol. 10, 2014, doi: 10.21067/jem.v10i2.798.

Published
2022-09-01
How to Cite
[1]
C. Tasdik, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Perusahaan”, BIEJ, vol. 4, no. 3, pp. 189-199, Sep. 2022.