Analisis Perbandingan Atribut Produk Antara Mac OS Monterey dengan Windows 11

  • Yasar Firdaus Bank BJB; Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Didit Supriyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hartelina Hartelina Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract viewed: 304 times

Download PDF downloaded: 304 times
Keywords: Attribute, Product, Operating System

Abstract

To be able to compete in the market, the product must have attributes that can deliver more value to the consumers. Product attributes will create a consumer preference in choosing product.  Atributte products are the factors considered by buyers when purchasing the product, such as price, quality, completeness of features, design sales service and others. The aim of this study is to determine the consumers respone on product attributes operating system Mac OS Monterey and Windows 11 as well as knowing the difference between product attributes of both.The method used in this research is descriptive and comparative survey. Statistical test is performed to determine how much differences between product attributes Operating System Mac OS Monterey and Windows 11. Statistical for hypothesis test used is the compare means by testing two tailed. At the  end of the study showed p-value of 0.000489 was found -t = - 4.296, -t table = - 2.110. Where the results showed significant differences in the attributes product operating system Mac OS Monterey and Windows 11.

Agar dapat bersaing di pasaran produk harus memiliki atribut-atribut yang dapat memberikan nilai lebih dimata konsumen. Atribut produk akan menciptakan sebuah preferensi pada konsumen dalam memilih produk. Atribut produk adalah faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh pembeli pada saat membeli produk, seperti harga, kualitas, kelengkapan fitur, desain layanan purna jual dan lain-lain.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai atribut produk operating system Mac OS Monterey dan Windows 11 serta mengetahui perbedaan antara atribut produk operating system Mac OS Monterey dan Windows 11. Metode yang digunakan adalah model penelitian survey yang bersifat deskriptif dan komparatif. Pengujian dengan menggunakan uji statistik dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pebedaan antara atribut produk Operating System Mac OS Monterey dan Windows 11. Uji statistik yang dipakai adalah uji hipotesis selisih rata-rata dengan menggunakan  pengujian 2 pihak.Pada akhir penelitian didapatkan hasil penghitungan statistik diatas dengan p-value sebesar 0,000489 dengan signifikansi 5% didapati -t hitung = - 4,296 ,-t tabel=2,110. Dimana hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan signifikan pada atribut produk operating system Mac OS Monterey dan Windows 11.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Astria, “PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI Nurfajrin Astria Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Angkatan VII Universitas Diponegoro,” 2016.

Kidi, “Teknologi Dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia,” J. Pendidik., vol. 28, pp. 1–28, 2018.

A. R. Saleh, Pengembangan Perpustakaan Digital, vol. 2. 2013. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Abdul-Saleh/publication/303805197_Pengembangan_perpustakaan_digital_teori_dan_praktik_tahap_demi_tahap/links/5753bdbe08ae17e65ec6d325/Pengembangan-perpustakaan-digital-teori-dan-praktik-tahap-demi-tahap.pdf

I. Y. Okyranida and I. A. D. Astuti, “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Videoscribe bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Lebak,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 5, no. 4, pp. 1035–1042, 2020, doi: 10.30653/002.202054.406.

Y. Findawati, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. 2018. doi: 10.21070/2018/978-602-5914-09-6.

Kamaludin and Sulistiono, “Kualitas Produk Sebagai Faktor Penting Dalam Pemasaran Ekspor Pada PT. Eurogate Indonesia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan,” Sekol. Tingi Ilmu Ekon. Kesatuan, pp. 1–45, 2013.

N. A. Hamdani and A. O. Herlianti, “Strategi Inovasi Digital: Kinerja UKM Kopi di Era Industri 4.0,” vol. 2, no. 2, pp. 69–74, 2019.

Erna Ferrinadewi, “Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 2, p. pp.139-151, 2005, [Online]. Available: http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16360

M. Dr. M. Anang Firmansyah, SE, “Buku Pemasaran Produk dan Merek,” Buku Pemasar. Prod. dan Merek, no. August, p. 336, 2019.

N. W. Dewi, “KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNDLE HANDPHONE SMARTPHONE MEREK BLACKBERRY 8530”.

L. E. Setyanto, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple iPhone pada Mahasiswa / Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013 / 2014 Universitas Brawijaya Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 46, no. 2, pp. 19–27, 2017.

I. N. Sucipta, K. Suriasih, and P. K. D. Kenacana, “Pengemasan pangan kajian pengemasan yang aman, nyaman, efektif dan efisien,” Udayana Univ. Press, pp. 1–178, 2017.

Kotler, Philip, and K. L. Kevin, Manajemen Pemasaran, 12th ed. Jakarta: PT Indeks, 2007.

N. A. Hamdani and H. Okpriana, “Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Van Java Chocolate Ginger Di Pt. Tama Cokelat Indonesia,” J. WACANA Ekon. Fak. Ekon. Univ. Garut, vol. Vol.16, no. No.01, pp. 001–008, 2016.

P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.

W. E. Arifiana, S. Kumadji, and D. Fanani, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang Pembeli Deterjen Rinso),” J. Adm. Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 1–12, 2017.

O. Ben Akpoyomare, L. P. K. Adeosun, and R. A. Ganiyu, “The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry: A Study of Lagos Metropolis,” Am. J. Bus. Manag., vol. 2, no. 1, p. 196, 2013, doi: 10.11634/216796061706211.

L. Schiffman and L. Kanuk, Lazar, “Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen),” J. Agora, vol. 5 No., no. December, 2007.

Y. Zamrodah, Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) Kajian, vol. 15, no. 2. 2016.

R. Irwansyah et al., Perilaku Konsumen. 2021.

S. A. Albushairi, N. Huda, and A. Rifani, Perilaku KOonsumen Teori dan Aplikasi Pada Riset Pemasaran, no. December. 2002.

W. gede Supartha and D. K. Sintaasih, Pengantar perilaku Organisasi; Teori, kasus dan Aplikasi penelitian. 2017. [Online]. Available: https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/b9ca64feeb1d962d5d06f51ea4d7577b.pdf

Pramelani, “Efek Kognitif, Afektif dan Behavioral pada Kampanye Registrasi Prabayar Seluler,” vol. 9, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom%0AEfek

Yuliana, Jeffry, A. Akbar, Weny, and M. Jackson, “Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan PT. Bank Central Asia Cabang Golden Trade Medan,” J. Ilm. Simantek, vol. 3, no. 1, 2019.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2006.

T. Soendari, “Metode Penelitian pendidikan Deskriptif,” Metod. Penelit. Deskriptif, p. hal 1-26, 2012.

M. Ningtyas, “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian,” Metod. Penelit., pp. 32–41, 20014.

F. Savira and Y. Suharsono, “Metode Penelitian,” J. Chem. Inf. Model., vol. 01, no. 01, pp. 1689–1699, 2019.

R. Meikalyan, “Studi komparasi standar pelayanan minimal (SPM) bus trans jogja,” e-Journal UAJY, pp. 6–9, 2016, [Online]. Available: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8883

R. Ajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2018.

Published
2022-09-12
How to Cite
[1]
Y. Firdaus, D. Supriyadi, and H. Hartelina, “Analisis Perbandingan Atribut Produk Antara Mac OS Monterey dengan Windows 11”, BIEJ, vol. 4, no. 3, pp. 210-215, Sep. 2022.

Most read articles by the same author(s)